Wednesday, January 8, 2014

Tantangan!

Whenever we travel together—just the two of us—Dara and I are jinxed.

Berikut contoh-contohnya:

1.
Pas jaman kuliah, gue dan Dara satu kelompok dalam pembuatan Tugas Akhir. Pada suatu sore, gue dan Dara harus keliling Jakarta kesana-kemari untuk keperluan Tugas Akhir ini.

FYI, kami naik mobil, dan Dara yang nyetir (soalnya gue nggak bisa nyetir. Kecian, ya?)

Tiba-tiba, di daerah Karang Tengah, Dara NGELINDES KUCING. Hebatnya lagi, yang kelindes kepalanya doang. Jadi si kucing kejet-kejet dulu, baru wafat total. We believed he died in a very painful way, innalillahi wa innailaihi rojiuun.

Kebayang nggak, sih, dua princess menyaksikan kucing sakratul maut di depan mata? Maghrib-maghrib pula. Mau nangis rasanya! Tadinya mau kabur aja, tapi kami percaya dengan mitos bahwa kalo kita nabrak binatang di jalan, kita harus nguburin sendiri. Mayyitnya pun harus dikafanin pake baju si penabrak, supaya nggak kualat atau digentayangin. Zzzzz.

Akhirnya, sambil berlinang airmata, kami minta tolong seorang abang-abang untuk nyariin karung, trus minta masukkin si almarhum kucing ke dalamnya. Nggak lupa, si kucing dibungkus dulu pake kaos si abang. HLOH, KOK? Ya kali, deh, Dara buka baju di pinggir jalan. Semoga masih acceptable, ya…

Trus, berhubung kami terlalu keder untuk ngegali kuburan kucing, kami mengarah ke kali Cinere, dan main lempar aja tuh karung ke kali. Lagi-lagi, semoga prosedur ini masih acceptable T___T

RIP, ya, cing. Mohon maaf dan turut berdukacita bagi keluarga kucing yang ditinggalkan. Trust us, we were also very traumatized.

Malemnya, gue mimpi si kucing bangkit dari kubur (kali?) sambil ngomong, “I know what you did last summer…

2.
Beberapa taun lalu—sewaktu gue masih pacaran sama Teguh—gue, Dara, dan Gemma mau ikutan sejenis event scavenger hunt. Kayak Amazing Race, gitu, tapi lokasinya di seputar Jakarta aja. Trus, karena event scavenger hunt ini disponsori oleh sebuah brand mobil, kami harus bawa mobil dari mereka, yang kemungkinan bergigi manual.

Prablemnya adalaaaah… gue dan Gemma nggak bisa nyetir, sementara Dara terbiasa nyetir gigi otometik. Bisa nyetir manual, sih, tapi kagok. Prablem banget, ‘kaaan.

Alhasil, kami ber-ide—sebelum hari H scavenger hunt, Dara latian nyetir manual dulu, supaya lancar joss. Tapi pake mobil siapa? Mobil gue, Dara dan Gemma otometik semua.

Akhirnya gue memutuskan untuk pinjem mobilnya T, hihihi. Padahal T-nya sendiri lagi besnes trip ke luar kota. Maka di suatu hari Minggu yang cerah, gue dan Dara dateng ke rumah ortunya Teguh (yang di Jakarta), permisi-misi sama camer, trus ambil mobil.

Baru gerak 200 meter dari rumah, MOBILNYA KEJEBLOS GOT. BAGOOOSSS!!!

Sampe-sampe Papa camer datang menghampiri, trus manggil orang-orang masjid komplek untuk rame-rame ngangkat si mobil njeblos. Bayangin gue tengsinnya kek gimana! *ikut nyemplung ke got*

Alhamdulillah, kami pantang menyerah. Setelah sang mobil diselamatkan dari got, gue dan Dara tetep ngeeeeng latian nyetir keliling Jakarta, hihihi. Sampe akhirnya terdampar di Ancol, bengong di Hotel Mercure, trus foto-foto di kolam renangnya. Absurd kelas berat.

Yang lebih absurd, ujung-ujungnya, tim gue, Dara, dan Gemma nggak kepilh ikutan scavenger hunt tersebut sama sekali.

Female Daily, how could you?!
:D

3.
Sebelum hamil Raya, gue dan Dara sempet pergi ke Bali berduaan. Nggak murni berduaan, sih. Di Bali-nya ketemuan temen lain. Tapi berangkatnya berdua aja.

Pada malam pertama kami di Bali, entah gimana, kami dipertemukan oleh mantan gue yang lumayan gengges. KOK BISA, SIH? Ya bisa, dong, soalnya mantan gue ini emang tinggal di Bali, hihihi. But, I mean, out of all timing, ya…

Salah satu fitur kegenggesan mantan gue ini adalah, dese bawel luar biasa. Dan rada nggak tau diri. Maka setelah ngobrol basa-basi di kafe, dia ngintil aja, lho, ke villa kami, trus lanjoooooot ngajak ngobrol ngalor-ngidul sampe jam 2 pagi. Kuampreeet. Padahal gue dan Dara udah nguap-nguap selebar kuda nil, plus kode-kode tingkat dewa supaya dia pulang.

Menurut gue, insiden ketemu mantan ini lebih apes daripada nabrak kucing dan njeblos ke got combined.

***

Sampe sekarang, gue dan Dara suka kontemplasi—kok kami apes mulu, ya, kalo pergi berduaan?

Nah, apakah keapesan kami ini berlaku untuk Vakansi Disney?

Ow, tentu sazaaaa.

Bahkan jauh sebelum hari H, tantangan demi tantangan sudah berdatangan. Mari saya kupas (dan saya tangisi) untuk pemirsa sekalian…

Kurs USD yang Menggila

Bisa-bisanya ya, bok, kurs USD menggila TEPAT sebelum kami berangkat ke Amerika. Dari Rp9,000-10,000, loncat aja gitu ke Rp12,000 lebih. Konon katanya bisa nyentuh Rp14,000, lho *kejang*

Dalam hidup ini, ada hal-hal yang bisa kita atur, misalnya ngumpulin duit. Tapi ada hal-hal yang hanya dipegang Tuhan, misalnya fluktuasi valas ini.

Disinilah kesabaran gue dan Dara diuji. Asli, usaha nabung kami ambyar seambyar-ambyarnya karena kurs USD naik, padahal gue udah sampe beli investasi segala. Siapa sangka. sih, dolar menggila di detik-detik terakhir gini? This is such a typical Laila-Dara jinx.

But in the end, kami harus tetep bersukur, karena walau budget jadi mepet, kami tetap bisa pergi.

Ganbatte!

Dilema Raya

Selama gue pergi, yang mengasuh Raya rencananya adalah T, susternya Raya, dan nyokap gue.

Prablemnya, begini:

Susternya Raya orangnya lemesan, padahal Raya mulai bertransformasi menjadi anak kingkong. Agresif, dan tenaganya kuat banget.

Selama ini, si suster nggak pernah sanggup megang Raya seharian full, lho. Pasti ganti-gantian sama gue. Kebayang kalo gue kerja kantoran dan harus ninggalin Raya bersama si sus sehari penuh. Pingsan dese.

Kalo T lagi nggak sibuk, dia bisa pulang kantor cepet, dan gantian ngurus Raya. Masalahnya, T jarang nggak sibuk.

Nyokap gue sendiri kurang bisa diandalkan, karena beliau pun ngantor, meski jauh lebih santai daripada T. Selain itu, metode pengasuhan nyokap tuh bedaaaa banget sama metode gue, dan sejujurnya gue nggak sreg dengan cara-cara beliau.

Harapan terakhir gue adalah tantenya T. Beliau ini adalah yang mengasuh T saat misuaku masih kecil, sehingga mereka berdua deket banget sampe sekarang. Beliau nggak ngantor, baik, sabar, telaten, dan oke banget kalo ngasuh Raya.

T udah sepakat mau bawa Raya nginep di rumah si tante selama gue pergi. Gue pun setuju.

Malang tak dapat dihindari, karena beberapa minggu lalu, kami dapet kabar si tante mau ke Rusia… beberapa hari sebelum gue berangkat.

*&^?>!@$?!*&^?>!@$?!

Sampe sekarang, gue masih kebat-kebit meninggalkan Raya pada asuhan susternya (65%), bapaknya (25%), dan neneknya (10%). Be safe, my darling son. Semoga kamu senantiasa sehat, selamat, senang, dan nggak dilalerin *keluh*

PS. Tepat dua hari setelah gue pulang dari Amerika nanti, Raya wawancara masuk playgroup. Ibu tambah senewen, horeee! 

Krisis Dara

Bulan lalu, Dara sempet krisis. Nyokapnya sakit keras sampe bolak-balik diopname di RS, dan Dara-nya sendiri juga kena virus misterius, sampe demam plus muntaber selama seminggu. On top of that, kerjaan Dara lagi padat banget, sampe do’i nyaris nervous breakdown.

Pada saat yang berdekatan, adeknya Dara nikahan, sehingga situasi dompet Dara ikut tegang. Mau nggak mau, duwit habis buat rumah sakit dan berbagai keperluan nikahan dong, ya…

Di masa tegang itulah Dara ngomong ke gue, “La, kayaknya gue batal pergi, deh…”

Sumpah, ya, gue kayak disamber geledek bolak-balik. Sedih, dih, dih banget.

Awalnya gue rela, berusaha santai dan tetap bersukur. Toh the show will go on. Tapi kemudian Teguh bersabda, “I changed my mind on you going solo. Kalo Dara batal, kamu juga, deh. Jangan pergi sendiri.” Ya Allah! *tonjok tembok* *tembok gabus*

Akhirnya, gue pelan-pelan ngobrol sama Dara. Kami bicara soal keraguannya ninggalin kerjaan kantor, soal duit, dan soal kondisi kesehatannya yang naik turun. Kami sama-sama cari solusi.

Meski sedih, gue sama sekali nggak mau egois, dan nggak mau maksa Dara pergi. Kalo memang harus batal semua, maka batal lah. Waktu itu gue udah ikhlas seikhlas-ikhlasnya.

Setelah dua minggu menenangkan diri (dramatisss…) dan mencari solusi, akhirnya Dara ngabarin, “OK, gue mantap pergi, deh. Lagian gue butuh liburan juga, ngelepasin stress di Jakarta.”

Alhamdulillah. I love you, mamacita! I promise you we’ll have a great time.

Hampir gue apus ini blog. Hufffft.

Polar Vortex

Menurut gue, ini adalah tantangan kami yang paling gawat.

In case you don’t read the news, jadi begini: Amerika sedang mengalami musim dingin ekstrem, gara-gara sebuah fenomena alam bernama polar vortex. Intinya, angin dari Antartika bertiup kencang ke Amerika, trus bikin kacau segala-gala, deh.

Minggu ini adalah titik terparah polar vortex di Amerika. Sekolah dan perkantoran diliburin, pemerintah menghimbau warga untuk jangan keluar rumah, puluhan orang meninggal, salju numpuk sampe lima meter (setdah!), avtur pesawat membeku, RIBUAN flight dibatalkan (batal ya, mak, bukan delay) dan ribuan orang pula lah terlantar di bandara.

Curiganya, sih, gue dan Dara akan jadi salah satu dari yang terlantar itu. Amit-amit ya, Gusti. Aku nggak mau jadi Tom Hanks di The Terminal.

Sebenernya Orlando aman, karena dia ‘kan negara bagian tropis, ya. Sedingin-dinginnya udara, Orlando cuma bakal nyentuh suhu single digit, nggak pernah sampe titik beku. Main di theme park pun masih aman, nggak ada salju.

Masalahnya, Chicago lumpuh total karena winter ini. HALOH, OGUT TRANSITNYA DI CHICAGO, LHO!

Dengan demikian, ada dua worst-case scenario:
  • Gue dan Dara terdampar beberapa hari di Chicago, sebelum bisa masuk Orlando, sehingga kami harus reschedule semua reservasi di Orlando. Amit-amit. Sekali lagi, amit-amit.
  • Gue dan Dara nggak bisa keluar dari Orlando, karena semua flight dibatalkan. Menurut laporan di DISboards, sekarang ini banyak banget wisatawan yang bernasib begitu di WDW—people are extending their holiday because they are stuck. Mereka, sih, pada seneng-seneng aja. Kalo kejadian di gue? Gue bakal bokek berat karena harus extend, and I would miss my family back home so, so bad. Dan apa kabar nasib cuti kerja Dara? So, as much as I love Disney, I do NOT want to get stuck in there, luntang lantung nggak bisa pulang. Naudzubillah.

Selain khawatir dengan jadwal flight yang kacau, gue juga khawatir dengan… pakaian! Baju hangat gue basa-basi semua, paling mentok bisa nahan udara sampe 8 derajat Celcius. Dibawah itu, wassalam.

Selain itu, kayaknya nggak ada toko baju di Jakarta yang menjual proper clothing untuk polar vortex. Palingan parka-parka dan sweater-sweater sok imut, yang cuma cucok buat ke Ciwidey.

Satu-satunya toko yang kepikiran adalah Uniqlo. Gue bisa beli down jacket / coat dan seperangkat seri Heattech disana. Tapi berasa mubazir, deh. Pengennya, sih, memanfaatkan winter collection yang ada di rumah aja. Lagian kayak tiap taun main salju aja, yaaa? Palingan juga main es serut di PIM!

Dan menurut kabar burung, Heattech Uniqlo yang dijual di Indonesia nggak sehangat yang dijual di luar negeri.

Tapi kata Dara, “Daripada jadi es mambo, La?” Iya, ya. Apalagi kalo kami sampe stuck di Chicago. MINUS -23 DERAJAT AJA DISANA, sekian dan terimakasih.

Wish us luck on our search for proper clothing
, ya. Nggak usah fesyen, yang penting anget. Huhuhu. Kalo ada yang seukuran sama gue dan mau minjemin, boleh banget, lho. Not joking #pedit #gilaapa?! #insidejoke #biarlah

Siapa, sih, yang lagi bikin Queen Elsa marah? Udahan, dong!

Kami masih mantau berita, sih. Semoga 1-2 minggu lagi polar vortex-nya udahan, dan kami terlindung dari ancaman cancelled flights dan menjadi es manohara, aamiin.

                                                                     
***

Seperti yang sempet gue curcol-in, ortu gue masih rada nggak rela gue pergi. Oh, mungkin itu ya, yang bikin rencana liburan ini penuh tantangan. Nggak ada restu, sih! :))) Fix besok sungkem, lanjut cuciin kaki ortu dan kokop airnya.

Wish us luck, ya. 17 days!

14 comments:

Arman said...

pindah ke disneyland anaheim aja... hahaha :D

Anonymous said...

I'm praying everything will turn out fine! Ikutan seneng bacain vakansi-disney ini, dan looking forward to the trip report! Belom bisa sampe WDW, paling engga baca trip reportnya dulu deh! :D

ayu said...

Lei, elu mah paling2 kalo nyari GIF. Ngakak2 gua di sore2 yang mendung membahana ini. Anyway, sakseisss yaaa tripnya...:D

Mita said...

Kayaknya burungnya salah deh la. Aldi kmrn dibawain down jacket dr uniqlo jakarta, hangatnya mumpuni kok. Tapi memang kalau suhunya udah dibawah 0 ya sepertinya layer didalemnya mesti ditambah. oiya,uniqlo jakarta jauh lebih murah dibanding uniqlo lainnya loh, at least dr uniqlo eropa.

Mudah-mudahan cepet berlalu ya tantangannya dan bisa have fun di disneyland :D

Mia said...

Laaa...heattech daleman uniqlo yg dibeli di jakarta ga anget sama sekali. Di 8 derajat aja ga mempan, apalagi di bawah itu. M&S maybe better...

prin_theth said...

Arman: Bayarin! Hahahaha. Paket Magic Your Way gue (yang terdiri dari hotel, tiket themepark, dining package dll dst) utk WDW udah LUNAS AJE, BOOOKKK :D

Mypointshoes: Thank you so much ya :) Moga-moga bisa konsisten update deh.

Mita: Naaah, bingung deh akyu. Awalnya gue mikir, down jacketnya Uniqlo Id OK, tapi Heattechnya enggak. Tapi terus temennya Rika (@seerika) bilang down jacketnya juga kurang anget. Ish... Apa gue mesti ber-North Face-ria, bak anak pecinta alam?

Kak Mia: Tukaaaan, bingung deh. Kalo daleman thermalnya M&S sih OK banget ya. Baru nyobain di mall-nya yang ber-AC aja udah keringetan hahaha. Prablemnya... mahaaal :D aku nggak relaaa hihihi.

Update! Per hari ini, udara Orlando udah PANAS BANGET. 26-28 derCel aja duluuu. Chicago masih 1-4 derCel, tapi etlis udah nggak mines double digit. Seandainya mesti beli yg anget-anget, cuma buat jaga-jaga di Chicago, kok.

Tapi seorang ahli cuaca di Wunderground bikin patah hati krn bilang, polar vortex will come back end of January. Maka mari kita bersama-sama doa HE'S 100% SOTOY AND DEAD WRONG. Aamiin.

Unknown said...

moga tetep bisa pergi dengan lancar jaya dan happy ending ya mbak
btw, baca crita ngelindes kucing itu sbnarnya prihatin tp kok saya malah ngakak ya..:D

Anonymous said...

Dear Leija....

Waaaa, baca posting ini jadi teringat rencana liburan sendiri :( Gue sama dua orang teman berencana liburan ke Jepang pas musim sakura tahun ini...Tiket pesawat dan hostel sudah dibeli dan dibooking pas akhir Oktober kmrn. Tetapi, tiba-tiba Nyokap sakit dan gue gak tega ninggalinnya walaupun keadaan beliau udah membaik. Dan sama kayak Dara, gue pun udah berpikiran untuk ngebatalin aja rencana ini dan ngikhlasin ongkos pesawat plus uang hostel yang rencananya akan tetap gue bayar full walaupun misalnya nanti gak jadi pergi :(
Tapi, setelah diskusi dengan teman-teman serta orang tua dan adik kakak, alhamdulillah mereka tetap ngedukung dan ngizinin gue untuk pergi :-) Tapi, tetap ya gue yang masih 50-50 karena rasa gak tega ninggalin Nyokap..
Akhirnya, gue pun cuma bisa berdoa terus semoga dikasih pilihan yang terbaik oleh Allah pas bulan April nanti :-)
Semoga demikian juga untuk Leija dan Dara...Aamin..Keep the spirit n hoping for the best :-)

prin_theth said...

Rheybond: Hahaha emang itu pengalaman horor-horor jenaka kok :D

Pinkuona: Aamiin, makasih yaaa :) Kebayang deh galaunya deh. Tapi secara logistik lo tetep bisa pergi kan? Cuma blm dapet kemantapan hati kali yaaah... Istikharah mungkiin?

Anonymous said...

Thank you untuk sarannya, Leija :-)

Logistik insya Allah masih memungkinkan sih, walaupun sama kayak Dara juga ada yg udah kepake...Iya hatinya yg masih belum mantap nih..Alhamdulillah, sekarang sarannya sedang dikerjain nih :-)

Inong

Pilosophia said...

Gue baca postingan ini jadi ikut deg-degan juga (Lebay :p),, tiap kali kita punya rencana buat pergi yang agak jauh pasti selalu ada kendalanya. Semoga tetep berangkat ya Lei dan ga ada masalah disana. Gue juga lagi berdoa yang kenceng semoga ga ada masalah buat pergi liburan (yang sudah direncanakan setahun yang lalu)
Semangatt ketemu Mickey-nyaa :)

Anonymous said...

eh, mau ikutan komen seperti Mia. Uniqlo heattech gak mumpuni. Padahal gue belinya di perancis, UK sama hongkong (er, yg dua terakhir lewat ebay), begitu masuk suhu minus tewaaaas. Sama sekali gak bikin anget (kecuali kalo dipake sambil lari. Yah, kalo lari mah gak pake heattech juga anget kaleee.

Kecewa banget ih. Dan bukan gue aja ternyata yang kecewa ya. Toss dulu sama Mia.

Semoga polar vortexnya gak balik ke amrik ya, La.

prin_theth said...

Rika: Yak, dengan komen Anda yang demikian, akhirnya gue beli thermalnya Marks & Spencer aja. Mahal yaaa T___T Tapi beneran anget sih (semoga). Poler vortex did came back this week Rikaaa, tapi lebih mild dan yg terburuk udah lewat brrrrr...

Affi said...

Hahahahaha ya ampun Lei, gue baru tau loh cerita di balik niat elo untuk ikutan rally mobil itu! Kalo tau segini dramatisnya kan dilolosin! :D Kita udah berapa kali mau bikin rally itu lagi tapi sampe sekarang belum ada yang mau sponsorin hihihihi Nanti ikutan lagi yaa kalo jadi dibikin!

Btw I know it's a very very late post but I'm glad your trip went well and you had a blast :) I enjoyed the stories!