Thursday, August 1, 2013

Ka-Ching!

Tanpa bisa disangkal, biaya yalan-yalan ke Walt Disney World ini memang MA-HAL. Bangkrut aku, bangkrut!

Tapi mimpi hanyalah mimpi kalo kita nggak usaha untuk mewujudkannya. Walaupun nggak murah, gue bakal terus maju pantang mundur. 

Karena ngepet dilarang agama, berikut adalah cara-cara gue mewujudkan mimpi gue ini, dari segi finansial:

1. Leave the kid and husband at home.

Essentially, this trip is my dream trip. 

Dan seperti yang pernah gue sebut sebelumnya, Teguh tuh nggak ada semangat Disney-nya acan. Bok, dia bahkan nggak pernah tertarik jalan-jalan ke Amerika. Sok banget, yaaa. Dia bilang hatinya nyangkut di Eropa. Impiannya adalah keliling Italia sambil melafalkan skenario Godfather kecintaannya, ngayal jadi Don Michael.

Sementara Raya, gue dan Teguh sepakat bahwa dia terlalu kecil untuk dibawa ke Disney World.

Eh, by the way, gue mau ceramah dikit dulu, deh. Maap-maap nih bagi yang kurang setuju, namanya juga pendapat pribadi, yaaa :-*

*salim-salim dulu*

Banyak ibu-ibu yakin, bahwa anak bayi / toddler tuh bisa dan paham dibawa keliling dunia. Tapi gue nggak sepakat. Ada banyak justifikasi yang sering dilontarkan oleh hal ini, contohnya, "Walau masih bayi / toddler, anak tuh ngerti kok! Mereka 'kan paham stimulasi warna, bau, cahaya, dll."

Mungkin ada benernya, tapi let's be real aja, deh. Anak gue aja suka lupa muka neneknya, ini mau diajak keliling dunia dan berharap si bocah akan inget.

Menurut pengamatan pribadi gue, kalo ada ortu bawa bayinya keluar negeri (jauh), biasanya karena:
  • Nggak ada yang bisa jagain si bocah kalo ditinggal di rumah
  • Sang ortu cukup mampu, sehingga nggak masalah keluar duit bawa bayi, walau si bayi nggak terlalu enjoy 
  • Mau bawa ncus
  • Kepribadian anaknya memang anteng
Kalo memang begitu, nggak apa-apa banget. Bagus malah! Aku sirik. Soalnya situasi gue nggak memenuhi kriteria-kriteria diatas. Gue nggak mau keluar duit buat bawa ncus keluar negri jauh, Raya BISA ditinggal di rumah (ada mbaknya, ada kakek-neneknya), dan anaknya NGGAK ANTENG *pites*. Beneran, deh. Kalo gue dianggap lebay, plis cobain jadi orangtuanya Raya, semingguuu aja. Dijamin bistu spicles...

Brutally honest, gue ogah keluar duit banyak, tapi memori liburannya hanya seputar nyuapin, bersihin eek di publik, dan ngejar-ngejar Raya.

Menjadi orangtua itu berarti harus bisa memanfaatkan banyak 'windows of opportunity', lho. Seperti contoh, ini adalah 'windows of opportunity' pribadi gue:

Anak usia 0-6 bulan: golden time untuk ajak anak jalan-jalan. Belom MPASI! Tinggal buka tetek!
Usia 6-12 bulan: tinggalin aja di rumah, ahahaha. Mumpung belom ngerti.
Toddlerhood: Bisa, deh, diajak sesekali
Usia 4 taun keatas: Yuk, ikut Mama!

Sekian dan terimakasih.

Kesimpulannya, this trip is only important for me. Not so much for my husband nor son. Maka masuk akal, dong, kalo gue ninggalin Teguh dan Raya di rumah?

Walaupun kita udah jadi ibu-ibu, kita ini tetap seorang individu, kok. Family trip boleh banget, tapi kita nggak selalu otomatis sepaket sama suami-anak, 'kan? ECIYEEEE. *gandengan sama komunitas feminis*

2. Make priorities

Untuk trip ini, gue menolak travelling sengsara (a.k.a. backpacking?), tapi gue juga nggak mampu travelling mewah. Ihihihi. Solusinya adalah bikin prioritas. 

Contohnya, gue wajib nginep di salah satu hotel resmi Disney—karena benefitnya banyak—tapi gue nggak keberatan makan popmie setiap hari. Gue wajib stay disana selama 10 hari, nggak bisa kurang, tapi sebagai kompensasinya, gue rela naik pesawat murah yang mengharuskan gue transit 17 jam. Bobok di WC, bobok di WC, deh. 

Bisa disimpulkan, prioritas gue adalah - salah satunya - akomodasi dan kuantitas hari. Sementara makanan dan penerbangan menjadi nomer dua.

I just gotta make priorities and sacrifices along the way. And as you can see, my priorities are the quality time I spend at Disney. Sisanya rela gue korbankan. Duileee... Cintanya nggak bertepi banget sih, mbak...

3. Save, save, save

Sebagai seorang IRT / freelancer, gue nggak punya pemasukan tetap.

Tapi, setiap bulan, Teguh ngasih gue uang saku untuk keperluan rumah tangga. Jumlahnya lumayan, Alhamdulillah. Malah biasanya berlebih, kalo untuk kebutuhan sehari-hari doang. Kecuali kalo bulan itu si nyonyah lagi doyan syoping *bakar OLS*

Setelah tekad gue bulat untuk berangkat taun depan, uang saku ini gue bagi dua. Setengah untuk kebutuhan sehari-hari seperti biasa, setengahnya lagi LANGSUNG masuk tabungan Disney. Gue bahkan bikin rekening baru, khusus untuk tabungan ini.

Hal ini udah berjalan hampir 2 bulan, dan ya boookkk, kok berat amat? Uhuhuhuhu.

Uang saku gue yang tinggal setengki itu cukup, sih, buat nutup pos-pos terpenting dalam rumah tangga. Tapi, dalam keseharian, 'kan selaluuu aja ada petty cash yang mengalir bak Bengawan Solo. Selalu ada keperluan untuk beli ini-itu, yang tampaknya kecil-kecil, tapi penting. Bener-bener puter otak deh, tiap mau beli sesuatu.

Pertanyaan terpenting: pada akhirnya, tabungan gue ini bakal cukup nggak untuk berangkat?

Awalnya, gue 'kan berencana pergi November 2014. Nah, kalo perginya jadi November, tabungan gue bakal cukup banget tuh. Tapi karena akhirnya tanggalnya dimajuin (more on this), tabungan gue cuma pas-pasan deh cukupnya. Nyeh. Yastralah!

4. Invest!

Selain bikin tabungan baru, gue juga beli sebuah instrumen investasi. Apaan cih instrumennya? Mau tau aja, apa mau tau banget? *hoek*.

Gue memang udah lama pengen nambah investasi, tapi males mulu. Nah, dengan adanya rencana pergi ini, akhirnya gue jadi beli. Mau nggak mau 'kan?

Untuk taun depan, keuntungannya mungkin nggak bakal seberapa, ya. Tapi lumayan lah secimit-dua cimit. Dan lagian, pergi nggak pergi, beli investasi tuh nggak pernah rugi, kok.

5. Gembok dompet

Selama dua bulan terakhir, ada banyak sekali hal-hal yang pengen gue lakukan, tapi gue rem, karena eman-eman duit.

Untuk Lebaran kemaren, gue pengen banget pesen katering bayi buat Raya, karena mbak-mbak pada mudik. Tapi gue tahan, karena kalo ditotal, jumlahnya bisa mahal. Gue pengen beli tas baru. Gue pengen belanja baju di high-street labels yang makin menjamur di Jakarta. Dan yang paling gong, gue pengen banget, banget, banget nonton Beyonce di Australia Okt/Nov 2013 ini. Tapi bagaimana mungkin? Membaca saja aku sulit...

So yeah, I skipped all those and just distract myself silly.

Lagian, kalo kata Barbra Streisand, eye on the target and WHAM!

6. Piara celengan angkot

Banyak orang miara celengan di rumahnya, yang diisi oleh receh-receh yang kita peroleh setiap hari. Daripada ngeberat-beratin atau ngotor-ngotorin dompet, mending taro celengan 'kan? Trus, setelah sekian lama, nggak berasa tau-tau duitnya udah banyak.

Gue juga melakukan hal ini dari lama, tapi sekarang, gue makin rajin nabung di celengan tersebut, dan berusaha supaya nggak dibobok sama sekali sampe taun depan. Jangan diketawain, yaaa... Misalnya, taun depan gue dapet 1-2 juta dari celengan ini, itu berarti $100-200 lebih, dan itu lumayan banget buat jajan, taksi, atau keperluan lain di Orlando.

Dara nyebut celengan ini celengan angkot, karena emang biasanya dia pake buat biaya ngangkot, hihihi.

7. Minta belas kasihan suami

Terakhir, kalau tabungan gue nggak cukup untuk hari H, tentu saja gue akan minta belas kasihan suami, ahahahaha. Teguh sangat mengiyakan dan sangat mendukung, kok. He knows this trip means A LOT to me, dan lagian, ini bukanlah suatu rutinitas. Istilahnya, once-in-a-longtime trip, deh (nggak once-in-a-lifetime ya. Aku 'kan pengen balik lagi ke Disney Wooorld...).

Teguh akan menyokong gue secara finansial, kalo memang perlu. In fact, THR-nya taun ini udah dikekep demi ini. Tapi tentu saja, gue harus usaha sendiri juga.

***

Jadi begitulah, ebo-ebo. Usahanya nggak berat-berat amat, kok, tapi nggak mudah juga. Sejujurnya, gue malah menikmati proses hemat-hematan ini. It kinda gives purpose to my everyday action. Bagi ebo-ebo yang lagi nyicil demi KPR rumah idaman, mungkin begini ya rasanya? Doakan gue nyusul punya rumah sendiri juga yaaa... 

Menurut Dara, yang paling nikmeh, sih, kalo kita punya akses untuk easy money. Contoh yang paling gampang, MAIN SINETRON. Ahahahaha. Bokkk, duit main sinetron / FTV tuh gede banget, lho! Main 3 episode aja, kayaknya duit langsung cukup banget buat ke Amerika. Ih, pengeeen... teman-teman produser tolong casting akuuuu...

Contoh easy money yang lain: IKUTAN KUIS TV! Ahahahaha, apalagi kalo menang ya. Ya udah deh, minggu depan casting Take Me Out. Ngaku jadi gadis single aja lah, Teguh pasti dukung.

Kalo cara-cara tersebut gagal, ya udah, kita hemat-hematan maksimal aja di Amerika. Cari stratehi menyelundupkan ikan peda dan abon ke dalam koper, tanpa digeledah di bandara Amerika. The name also effort! Namanya juga usaha!

Ada yang mau bikin gerakan #KoinUntukLailaDaraGoesDisney?

No comments: