Wednesday, August 14, 2013

Walt Disney World 101

Dear Disney rookies,

Mungkin nggak semua dari kalian familiar dengan Walt Disney World. Padahal, WDW adalah jantung dan hati dari blog ini. Kalo lo nggak familiar dengan WDW, gimana mau ngikutin kisah perjalanan gue dengan khusyuk?

*emang siapa yang mau ngikutin?*
*aaaang, jangan gitu dong...*
#ngomongsendiri

Makdarit, kali ini gue akan memberikan pelajaran singkat mengenai Walt Disney World.

Kita bahas dasar-dasarnya aja, ya.

Walt Disney World - di kota Orlando, Florida - adalah sebuah kompleks hiburan terpadu yang dibangun oleh The Walt Disney Company. Kompleks ini sebenernya udah kayak kota satelit sendiri di dalam kota Orlando, saking gedaynya.

Seberapa gede, sih? Sebagai gambaran, WDW terdiri dari empat theme park, dua water park, satu kompleks pertokoan + restoran, dan lebih dari tiga puluh hotel resmi. Buset... taman bermain apa kecamatan?

4 theme parks - Magic Kingdom, Epcot, Hollywood Studios, dan Animal Kingdom
2 water parks - Blizzard Beach dan Typhoon Lagoon
1 kompleks pertokoan + restoran - Downtown Disney
dan lebih dari 30 hotel resmi!

Kali ini kita bahas keempat theme parks WDW aja, ya.

Magic Kingdom

Magic Kingdom (MK) adalah theme park Disney yang kedua dibangun di dunia, setelah Disneyland (DL) di Anaheim, California. 

DL dibangun pada tahun '50an, sementara MK resmi berdiri pada taun '70an.

Sejarahnya, setelah DL meraih sukses gila-gilaan, Walt Disney mulai menggarap theme park baru di Orlando, Florida. Beliau kepengen bikin sebuah theme park di deket Pantai Timur (East Coast), supaya nggak cuma warga Pantai Barat (West Coast, dimana California berada) yang bisa nikmatin Disney.

MK dicita-citakan untuk menjadi 'sodara'nya DL, tapi lebih besar, lebih komplit, dan lebih seru. Alhamdulillah, kesampean. MK became so much bigger and more epic than DL. 

Ada orang-orang yang tetep prefer DL, karena DL adalah theme park Disney yang orihinal (kayak ayam), dibangun murni oleh kedua tangan Walt Disney. Tapi ada orang-orang yang lebih suka WDW, karena lebih masif dan seru.

Magic Kingdom vs Disneyland

Layout MK mirip seperti 'sodara-sodara'nya di penjuru dunia, yaitu Disneyland Park California, Disneyland Paris, Hong Kong Disneyland, dan Tokyo Disneyland. Sama-sama punya istana di tengah theme park sebagai ikon, dan pembagian kawasannya pun serupa (Main Street USA, Fantasyland, Adventureland, dll). 

Disney castles around the world. Istana yang paling gede dan seru? Tokyo dan Orlando. Paling unik? Paris, karena nggak mencontek istana Disney cabang manapun. Paling menyedihkan? California, disusul oleh Hong Kong di posisi buncit. Kecil dan menyedihkan. Bweeek, Hong Kong!

Fakta-Fakta Kecil Tentang MK
  • MK adalah theme park pertama dan tertua di kawasan WDW (bukan di dunia, yaaa...)
  • Ikon: Cinderella's Castle
  • Tema: fantasy, karena 'tujuan' MK adalah membawa pengunjung ke dunia khayal
  • MK sengaja tidak diberi nama 'Disneyland' supaya bisa dibedakan dengan 'sodara'nya, Disneyland Park di California.
  • MK adalah theme park WDW yang wahananya paling banyak. Total jendral lebih dari 60! Meski demikian, mayoritas wahana MK lebih ditujukan untuk anak-anak.
  • Sebelum MK resmi berdiri, Walt Disney sudah keburu wafat. Padahal beliau semangat banget saat menggarap The Florida Project-nya ini. Sedih :(

Epcot

Epcot adalah theme park yang kedua didirikan di WDW, setelah MK.

Epcot terbagi menjadi dua kawasan besar - Future World dan World Showcase.

 Future World - sebelah kiri bawah
World Showcase - sebelah kanan atas, mengelilingi sebuah danau buatan

Future World mengusung tema inovasi teknologi. Jadi, segala wahana dan aktivitas di kawasan ini bernuansa hi-tech dan futuristis. Gedung-gedungnya aja didominasi warna silver. Kayak demam Millenium Y2K ya? :)))

Sejarahnya, jaman dahulu, ketika Walt Disney sudah beranak-cucu, beliau agak khawatir dengan dunia yang semakin kotor, terpolusi, dan penuh kejahatan. Beliau mikir, apa kabar masa depan anak-cucu saya? Gimana, ya, kalau seandainya saya bisa merancang 'kota masa depan' yang ideal?

Maka lahirlah konsep dasar untuk kawasan Future World.

Alhasil, wahana dan atraksi Future World tuh mencakup banyak aspek kehidupan yang dilihat dari sisi sains, bukan cuma robot-robotan serba hi-tech doang. Misal, ada wahana yang ngajarin soal agrikultur, NASA, kelautan, sampe sejarah komunikasi. Edukatif giler....



 Sekelumit nuansa kawasan Future World di Epcot

Sementara kawasan World Showcase mengusung tema 'world fair'.

Di World Showcase ini ada 11 paviliun negara - Amerika, Jepang, Cina, Moroko, Jerman, Prancis, Kanada, Norwegia, Italia, Meksiko, dan UK. Setiap paviliun menampilkan replika negaranya masing-masing. 

Maka, sebagai contoh, di paviliun Moroko ada pasar khas Timur Tengah, ada restoran kebab, ada pertunjukkan tari perut, dan sebagainya. Sementara di paviliun Prancis ada replika menara Eiffel, ada kedai French pastries, ada wine cellar, dan banyak lainnya.

Nuansa setiap paviliun dibikin semirip mungkin dengan negara aslinya, mulai dari landmark, bahkan sampe detail tembok dan aspal.

 Paviliun Cina

 Paviliun UK

  Paviliun Moroko

Kalo kata Dara, "Ini kayak anjungan-anjungan propinsi TMII ya?" Anjrit, mau ngakak tapi ada benernya :))) Mirip juga sama komplek-komplek BSD yang suka pasang landmark-landmark dunia :)))

Kekurangan World Showcase adalah - nggak ada wahananya sama sekali. Well, ada sih, tapi cuma dua biji (padahal kawasannya segede gini) dan nggak seru.

Memang, sih, World Showcase ini dikonsepkan sebagai tempat belajar budaya berbagai negara, bukan sebagai taman bermain. In other words, World Showcase ini lebih cocok untuk orang dewasa, bukan anak kecil. Di World Showcase, para adults bisa mimik-mimik bir di Jerman, cicip-cicip wine di Prancis, belajar merangkai bunga di Jepang, belanja keramik di Cina (siape yang mau gotong ke hotel?), dan tentu saja, foto-foto sampe puas!

Bagi gue, sih, World Showcase 'mengajarkan' para pengunjung bahwa theme parks nggak selalu berarti ngejar satu wahana ke wahana lainnya. You can just stroll around and enjoy the atmosphere.

(tapi anak kecil sih pasti mati bosen disini. Pengennya maen wahanaaa aja...)

Anyway, secara keseluruhan, Epcot tuh theme park yang sangat edukatif. Nuansanya serius, dan minim unsur kartun Disney yang imut. Dengan demikian, Epcot mungkin terkesan nggak kid-friendly, tapi cocok untuk para suami yang eneg sama Miki Mos, misalnya. 

Trus, Epcot nih mirip sama Taman Mini nggak, sih? :D

Future World - yang mengusung tema sains dan teknologi - bisa dibilang kayak Museum IPTEK, mengajak anak belajar sambil bermain (Bobo banget). Sementara World Showcase, ya itu tadi, mirip anjungan-anjungan propinsi di TMII, hihihi.

Fakta-Fakta Kecil Tentang Epcot
  • Epcot adalah theme park yang kedua didirikan di WDW, setelah MK. 
  • Ikon: sebuah 'geosphere', atau buletan gede banget, mirip bola golf raksasa. Ia terletak di Future World. Di dalam 'bola golf' ini terdapat sebuah wahana andalannya Epcot - Spaceship Earth.

 The majestic geosphere
  • Tema: inovasi teknologi dan world fair
  • Epcot adalah theme park terbesar di WDW. Luasnya tiga kali MK! Nggilani tenan.
  • Setiap paviliun di World Showcase disponsori oleh negara masing-masing. Setiap negara punya kontrak 30 taun.
  • Nah, setelah kontrak 30 taun ini berakhir, gimana? Terserah negaranya. Boleh ngelanjutin kontraknya, atau udahan. Kalo udahan, paviliunnya akan dirombak, dan Disney akan cari negara lain yang mau pasang sponsor di World Showcase. Tapi sejauh ini, belum ada negara yang 'putus kontrak' dengan World Showcase, tuh.

Disney's Hollywood Studios

Disney's Hollywood Studios (DHS) adalah theme park ketiga yang dibangun di kompleks WDW, setelah MK dan Epcot. Temanya udah jelas ya - Hollywood! Nggak cuma fokus ke perfilman, sih, tapi juga pertelevisian. 

Hollywood Studios ini dulunya bernama MGM Studios. Tapi setelah kerjasama Disney dengan studio film MGM habis, berganti nama lah menjadi Disney's Hollywood Studios.

 Ada replika Graumann's Chinese Theatre di Hollywood, lho...

Wahana DHS nggak sebanyak MK, tapi kualitasnya oke-oke banget. DHS has some of my favorite rides in all of WDW, seperti Tower of Terror dan Rock n' Roller Coaster. 

 Wahana Hollywood's Tower of Terror, tampak dari jauh. Love love love!

Oya, DHS juga merupakan theme park WDW yang jumlah pertunjukannya paling banyak. Mulai dari stage show ala Broadway, sampe stunt show yang punya banyak atraksi menegangkan. Kualitasnya pun bagus-bagus. Mungkin karena DHS ini bertema 'entertainment' ya?

 Show-nya Beauty and The Beast di DHS

Jadi, kalo main ke DHS, pasti bingung antara mau main wahana sebanyaknya, atau ngejar show. Apalagi show-nya 'kan terjadwal gitu, ya. Harus pinter-pinter ngatur waktu, deh.

Fakta-Fakta Kecil Tentang DHS
  • DHS adalah theme park ketiga yang didirikan di WDW, setelah Epcot. 
  • Ikon: Topi kerucut raksasa. Ini adalah topi yang dipakai Mickey Mouse saat ia berperan sebagai 'sorcerer's apprentice' di film klasik Fantasia. Kenapa topi ini yang dipilih menjadi ikon? Karena Sorcerer's Apprentice dianggap sebagai film-nya Mickey Mouse yang paling legendaris. Nah, theme park ini 'kan temanya perfilman. Cucok, tho?


 It came from this...
  • Tema: dunia perfilman dan pertelevisian.
  • Bagi para penggemar Pixar, DHS is your ultimate theme park! Karena mengusung tema perfilman, segala yang berbau-bau Pixar tentunya dibawa kemarih. Ada banyak wahana dan karakter Pixar disini.

  • Meski demikian, DHS nggak melulu tentang Pixar atau film Disney. Mereka juga punya dedikasi untuk The Golden Age of Hollywood non-Disney, seperti film-film legendaris Singin' in The Rain, Public Enemy, Casablanca, etc.
  • Rumornya, akan ada dua kawasan baru di DHS - Star Wars Land dan Carsland. Jadi, satu kawasan didedikasikan khusus untuk Star Wars (yes, fanboy, you can crap your pants now), dan satu didedikasikan untuk film Cars, seperti yang udah ada di Disney California Adventure, Anaheim.

Disney's Animal Kingdom

Disney's Animal Kingdom (DAK) adalah theme park yang paling terakhir dibangun di kawasan WDW. Anak bawang, lah. 


 Theme park ini mengambil tema binatang.


Banyak orang menganggap DAK tuh cuma 'kebon binatang' mewah, karena disini ada banyak atraksi yang menampilkan binatang, bak Gelanggang Samudra atau Taman Safari. Tapi kami-kami para fanatik ini marah lho, kalo DAK dibilang bonbin! Tetep theme park, kok!


Iyes, ada atraksi safari keliling savannah. Ke Cisarua aja kali, nggak?

Harus diakui, wahana di DAK emang paling sedikit, dibandingkan dengan theme park WDW lainnya. Logika gue, ini karena lahan DAK banyak keambil untuk pemeliharaan binatang. Miara sekian banyak hewan liar 'kan nggak gampang. Perlu ada gudang makanan, gedung laboratorium, pusat pengembangbiakan, belum lagi urusan safety. Lahan buat wahananya jadi sedikit, deh.

Tapi menurut gue, DAK ini berprinsip 'quality over quantity'. Biarpun atraksinya sedikit, semuanya keren-keren banget. Like DHS, AK has some of my favorite attractions in WDW, including the incredible roller coaster, Expedition Everest!

The mighty Expedition Everest!

Plus, menurut gue, detail tematis DAK adalah yang terbagus di seantero WDW. Segala semen, tembok, lantai, dekor, pahatan, ukiran, bau-bauan, sampai musik-musik latarnya sangat, sangat keren.

Fakta-Fakta Kecil Tentang DAK
  • Ikon: sebuah pohon (artifisial) raksasa, bernama Tree of Life.  
  • Seperti yang udah gue sebut, DAK mengusung tema margasatwa dan memang naro binatang-binatang liar di dalam DAK, sebagai bagian dari beberapa atraksi. 
  • Eits, DAK nggak cuma menampilkan binatang-binatang standar seperti singa dan gajah, lho. Misalnya, mereka punya atraksi bertema Serangga, juga kawasan bertema Dinosaurus. Trus, apakah berarti mereka menghidupkan Dinosaurus kembali, bak Jurassic Park, gitu? Ya, nggak. Tapi mereka merancang kawasan tersebut dengan unsur-unsur prehistoris.
  • DAK sedang merancang kawasan baru yang bertema Avatar. Avatar yang film-nya James Cameron itu? Iyes. Kebayang nggak sih, kita bakal bisa liat perwujudan Pandora? Sayang, proyek ini selesainya masih luamaaaa sekali. 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai keempat theme park di WDW. Bawel gini dibilang singkat? Iye, because there's a lot, lot more from that came from. Kalo gue tumpahkan disini sekarang, mungkin baru selesai diketik bulan depan, yaaa...

Kalau penasaran lebih lanjut mengenai keempat theme park WDW diatas, Google masing-masing aja, yes?

***

OK, so blablablah. Buat apa, sih, gue membahas keempat theme parks WDW ini sekarang?

Seperti yang gue sebut di paragraf awal - supaya pembaca enak ngikutin kisah perjalanan gue nantinya.

Untuk kedepannya, gue 'kan bakal banyak nulis tentang planning di WDW nanti. Dan sepulang dari Orlando ntar, gue pun akan nulis trip report panjang lebar. Nah, kalo lo nggak mudeng dengan kawasan-kawasan WDW, lo akan puyeng sendiri.

Contoh, banyak orang yang nggak bisa bedain antara Disneyland (California) dengan Magic Kingdom. Padahal, karena gue mau ke WDW, gue pasti nyebutnya Magic Kingdom. Maka kalo ada yang nanya, "Lo mau ke Disneyland, ya?" gue cuma akan mesem-mesem, padahal dalam hati bilang, "Bukaaaaaan, gue mau ke Walt Disney Wooooorld... Dan Magic Kingdom bukanlah Disneylaaaand..."

Plus, gue juga sebel kalo orang ngira bahwa Disney World = Disneyland. Bukan, mak. Disney World adalah kawasan induknya.

(punten, gue sebel bukan karena sok pinter, yaaa, tapi karena jadi pabaliyeut njelasinnya, hihihi)

Anyway, singkat kata, kalo pirsawan dan pirsawati tetep mau ngikutin perjalanan gue di blog ini, akan sangat berguna kalo lo lumayan paham pemetaan WDW, supaya nggak keder sendiri. Jangankan elo, Dara yang mau berangkat aja masih susah bedain Animal Kingdom dengan Magic Kingdom, hihihihi.

Dan ini gue baru bicara soal theme parksnya, lho! Belom water parks, belom Downtown Disney, belom hotel-hotelnya yang ada 30 biji itu! Preeettt :)))

Kalo males baca-baca, boleh tonton crash course-nya dibawah ini. Enjoy!

4 comments:

Ednasari said...

hahaha.. "komplek bsd yang suka pasang landmark-landmark dunia" si residen wan ya yang tiap minggu iklannya nongol di tipi dengan tagline tanggal sekian harga naik!

ini pengetahuan disney tahap themepark macam pre basic lah ya kalo les bahasa inggris.. hahaha..

setelah baca.. aku jatuh cintaaaaa sekali dengan MK dan DHS! wahana bertema karakter PIXAR! aku bisa pengsan!

mo yang sesi waterpark dan pertokoan dong siiiis!

Anonymous said...

wowww... thank u Lei udah nyeritain soal disneyland eh walt disney eh magic kingdom eh..

enak di baca dan ga ngebosenin seperti biasaaaa

-uli

Leija said...

Sari: Hahahaha, iya pre-basic banget lah kalo kata LIA. Aji gileee disuruh nulis soal waterparks dan shop areas juga, hihi... Zzzz...

Anon: Makaci Uli :-* Semoga jangan pernah bosen yaaa.

Rika said...

Ga sabaaaaaar nungguin reportase dan foto2 serunyaaaa ... Ampun! Kalo aja kagak kudu 24 jam plus plus kesononya ya ... **usap muka bayanginnya**.

Ohya, knp ya HK disneyland itu kok kayak kurang berkembang & kurang gigit. Blm pernah kesana sih, tapi suka males duluan kalo liat foto orang2. Anyep gitu kayaknya. Kalo dibilang masih muda, ya cuma beda 4 tahun dari disneysea kan? Tapi disneysea bs jd langganan terkaporitnya si themeparkinsider. Feng shui nya kurang cucok kali yeee ... ^^

Ah lei, aku mauuu ke wdw. **pecut suami**