Monday, January 6, 2014

Walt Disney 102: MagicBands dan Fastpass+

Yassalaaam, 20 hari lagi aja dolo!

Sebelum cingcong lebih lanjut, gue mau melanjutkan materi edukasi Walt Disney World 102 terlebih dahulu (duileee…).

Yuk, mari! :)

MagicBands

Apa ini?
Gelang karet yang berisi chip RFID (semacam alat sensor). Semua pengunjung WDW pasti dapet MagicBands, dan wajib dipake.


Apa fungsinya? 
  • Sebagai tiket theme park. Selamat tinggal tiket kertas! Semua tiket kertas WDW kini tinggal kenangan, dan cara keluar-masuk theme park adalah dengan gelang ini. Tinggal tap MagicBands kita di alat sensor gerbang, and… voila!

  • Sebagai kunci kamar. Jikalau nginep di salah satu hotel resmi WDW, maka kunci kamar kita adalah MagicBands ini. Tinggal tap MagicBands di sensor pintu, and… voila! Nggak ada lagi kunci berbentuk kartu, apalagi berbentuk gembok kayak di losmen Bu Joko.
  • Sebagai alat pembayaran. Selama berada di properti WDW, kita bisa dompet-less sama sekali, lho. Nggak perlu bawa cash maupun kartu-kartuan. Tiap beli suvenir atau makanan, tinggal tap MagicBands di alat sensor kasir, and… voila! Bon masuk ke tagihan kamar. Bayarnya belakangan, saat check-out. Sungguh praktis sekaligus bahaya, ya. Nggak terasa, tau-tau bokek aja! :)))
  • Sebagai penyimpan data Fastpass+. More on this later.
  • Sebagai penyimpan data Memory Maker. More on this later.
  • Dan banyak lainnya.

Oya, MagicBands ini juga bisa dikustomisasi warna dan grafir namanya. Hal ini dilakukan via online, sebelum kita berangkat.

Kami sendiri udah meng-customized MagicBand kami menjadi warna merah dan hijau, sesuai warna paporit masing-masing.

1

Di MagicBands ini juga tercantum nama kita masing-masing, yaitu Laila dan Dara. Nama ini tercantum secara software (ada di dalam chip RFID) dan hardware (tergrafir di MagicBand-nya). Bebas, lho, mau grafir nama apapun. Seandainya mau mencantumkan nama “Kanjeng Ratu” atau “DiMaZz Chayanxqmoeslalu” juga bisaaa...


Kalau kita tinggal di Amerika, MagicBands akan dikirimkan ke rumah kita sebelum kita berangkat ke WDW. Kalau kita tinggal di luar Amerika, MagicBands akan diberikan di resepsionis hotel, saat check-in.

Untuk selengkapnya, sileu baca ini dan ini.

And to see MagicBands in action, please watch these.





Bayar nggak?
Gratis, dong. Asalkan kita tamu WDW, kita akan otomatis mendapatkan MagicBands.

Dan emang nggak ada pilihan lain, karena tiket theme park, tiket Fastpass, dan kartu kunci kamar sudah dimusnahkan di WDW. Isgon!

Apa keuntungannya?

Praktis.

Apa kerugiannya?
Pernah, nggak, nonton film sci-fi dimana karakternya disuntikkin chip pelacak, sehingga gerak-geriknya bisa selalu dipantau? Kayak di The Hunger Games, deh. Nah, dengan menggunakan MagicBands berisi chip RFID ini, nasip kita kurang lebih seperti itu – Big Brother (a.k.a. Disney CEO) will always watching us! They will know our movements, our patterns. “Oh, jam 16.00 si A lagi naik wahana anu. Oh, jam 17.00 si B lagi pipis. Oh, jam 17.00 si C udah makan malem.”

Tujuan pemantauan ini, sih, katanya supaya Disney bisa terus-terusan memperbaiki servisnya, mengikuti pola pergerakan para pengunjung.

Buat kita nggak ada kerugian langsung, tapi sedikit creepy nggak, sih?

Trus, bagi yang nggak suka pake sesuatu di tangannya, MagicBands ini bisa terasa rempong dan gerah.

Tapi hal yang paling, paling tidak disukai dari MagicBands ini adalah Fastpass+.

Fastpass+

Sudah familiar dengan sistem Fastpass-nya theme parks Disney? In WDW, you can now kiss it goodbye.

Jadiii…. theme park Disney masih memberlakukan Fastpass—yaitu antrian “jalur cepet”—di sebagian wahananya. Aksesnya juga masih gratis, beda dengan Express Pass-nya Universal Studios yang bayar.

TAPI, sistem Fastpass ini sekarang berubah menjadi Fastpass+.

Secara singkat, berikut adalah syarat dan ketentuan Fastpass+:
  • Masih gratis
  • Masih berkonsep “siapa cepat, dia dapat”
  • Setiap pengunjung hanya bisa dapet TIGA FASTPASS+, per hari, per theme park. Kalo dulu ‘kan nggak terbatas, tuh. Asal cepet-cepetan aja ngambilnya, kita bisa dapetin Fastpass sebanyak-banyaknya.
  • Fastpass+ harus direservasi online. Singkat kata, sebelum menginjakkan kaki di WDW, kita harus menentukan tanggal sekian mau ke theme park apa, mau ngambil Fastpass+ buat wahana apa aja, dan jam berapa. 
  • Reservasi Fastpass+ bisa dilakukan 60 hari sebelum hari H.
  • Data reservasi Fastpass+ kita akan tersimpan di MagicBands. Seperti yang ditunjukkan di video di atas, pas masuk jalur antrian Fastpass+, tap MagicBand ke alat sensor agar jadwal Fastpass+ kita terbaca.

Ribuan pengunjung WDW murka luar biasa saat Fastpass+ diluncurkan, karena konsep Fastpass+ dianggap mematikan spontanitas abis-abisan.

Bayangin aja, sebelum nyampe di WDW, kita harus udah tau tanggal sekian mau ke theme park apa, mau naik wahana apa aja, dan mau ambil Fastpass+ apa aja. 

Nggak ada lagi spontan-spontanan, “Mmmm… abis ini naik apa, yaaaa? Terserah lo, deh… Itu seru tuh, kayaknya!”

Kalo mau mengutilisasikan Fastpass+, kita harus punya jadwal yang direncanakan sebelumnya. “Yak! Jam 3 kita harus naik Gajah Beledug, ya, soalnya kita ada reservasi Fastpass+ Gajah Beledug jam segitu!”

Selain itu, syarat “cuma bisa dapet tiga Fastpass+ untuk satu theme park per hari” juga bikin emosi. Dulu, kalo lagi kuat lari-lari rebutan Fastpass, gue bisa dapet lima Fastpass per hari. Sekarang dibatesin jadi tiga doang, nih?

Sisi positifnya, Fastpass+ ini cucok untuk orang-orang pemalas. Dengan sistem lama, Fastpass tuh cepet abis, terutama untuk wahana-wahana seru. Akibatnya, kita harus bangun pagi kalo nggak mau keabisan Fastpass. Kalo lagi pengen leyeh-leyeh dan berangkat siang ke theme park, bakal susah dapet Fastpass, deh.

Sementara, kalo kita punya reservasi Fastpass+, dijamin nggak bakal keabisan Fastpass wahana pilihan kita, tho?


However, Fastpass+ bukanlah suatu kewajiban. Kalo kita mau ngantri wahana di jalur antrian normal / standby—dan nggak pake Fastpass+ / jalur cepet sama sekali—ya monggo. Tapi bagi kami-kami yang terbiasa menggunakan Fastpass, perubahan sistem menjadi Fastpass+ ini lumayan bikin gagap.

Cara membuat reservasi Fastpass+ online


Cara mengganti reservasi Fastpass+ di dalam theme park

Penjelasan dari pasangan Disney-fan favorit gue - Josh dan Ashley! Do check out ther fun channel.


Fastpass+ ini baru diluncurkan beberapa bulan, namun pro-kontranya kenceng luar biasa di DISboards. Sampe capek ati ngikutin perdebatannya.

"Lo sendiri gimana, La? Udah bikin reservasi Fastpass+ untuk trip lo?" UDAH DARI BULAN LALU, DONG! Hihihihi.

Screen Shot 2014-01-06 at 7.47.37 AM 
Penampakan sebagian dari reservasi Fastpass+ kami. As you can see, tanggal 28 Januari kami bakal ke Disney's Hollywood Studios, dan kami punya Fastpass untuk wahana The Great Movie Ride jam 11, Tower of Terror jam 1, dll, dst. Talk about overplanning, ya mak.

Ada banyak hal lain yang bisa diulik tentang Fastpass+, seperti cara bikin reservasinya, cara mengganti reservasi on last minute, blah blah blah. Please read all about them here and here.

Segala sesuatu yang berhubungan dengan MagicBands, Fastpass+, reservasi hotel, reservasi restoran, dan sebagainya bisa kita kontrol dari sebuah account yang harus kita buat terlebih dahulu, namanya My Disney Experience. Ada mobile app-nya juga, hloh!

Screen Shot 2014-01-06 at 8.15.41 AM
Setitik penampakan account My Disney Experience gue, dari desktop computer.

***

Jadi begitu, lah, sekilas mengenai MagicBands dan Fastpass+

Lagi-lagi, tujuan 'edukasi' ini supaya gue nanti bisa sharing mengenai perjalanan kami dengan nyaman. Kalo gue tiba-tiba cerita, "MagicBands gue ilang! Ciloko!" tanpa penjelasan sebelumnya, pasti ngana-ngana bakal, "MEJIKBEN TU WUOPOOO?" :D

MagicBands, we'll see you in three weeks. Ahiiiy...

3 comments:

Pilosophia said...

Wahhh mba Lei seru sekali persiapannyaaa.. Bahkan udah reservasi dari sebulan yang lalu.
Gue juga sama tu, rencana mo ke Jepang tahun ini, itinerary udah selesai dari tahun lalu.
Btw untuk ke Tokyo DisneySea, gue bakal nyatet tips and trick dari mba Lei.. :D

Semoga lancar semuanya yah mbaaa, aku tunggu postingannya..

Nenda Fadhilah said...

Yah, fastpass diubah ya sistemnya. *Tim lari2 nguber fastpass* *akibat gak riset dulu sebelum ke WDW*

Leija said...

Pilosophia: Yay! Have fun yah!