Tuesday, September 3, 2013

5W1H, Part 1

Haloooo, blog rahasiaku yang semakin terlupakan! *elus-elus iba*

Maafkan indukmu ini, ya. Sebenernya ada boanyak sekali update dan progress mengenai trip ini, tapi oh, kemaren-kemaren malas syekali nulis disini.

Sekarang waktunya mengejar ketertinggalan!

Basically, here’s the lowdown of my trip. Istilah perjunalistikannya, 5W1H.

What?
An epic trip!

Where?
Walt Disney World, Orlando, Florida.
Tapi rencananya, kami mau nyempilin satu hari untuk berkunjung ke Island of Adventure, sebuah theme park di kawasan Universal Studios Orlando.

Why?

Nggak usah dibahas lah, yaaa… Karena akoh cinta dan obsessed sekali sama Disney theme parks! Trip ini bak ‘naik haji’ bagi Disney-freak macam gue, mungkin seperti penggemar sepakbola main ke stadion tim kesayangannya.

Who?
Gue dan Dara, salah seorang sahabat lama. In all honesty, Dara bukan Disney-freak. Tapi anaknya selon dan mau-mau aja diajak melancong nun jauh ke Amerika. Yastra! Angkut!

When?

Tebak-tebak buah manggis!

Gue jelasin sedikit, ya. Kali-kali ada yang berencana mau ke WDW juga.

January-February:
Jan-Feb adalah salah satu low season di WDW. Harusnya sih sepi banget, dan tarif hotel rendah. Sisi minusnya, di bulan Jan-Feb, biasanya ada banyak renovasi wahana, karena mumpung sepi. Theme parks tutup cepet.

Walaupun harusnya sepi. kita harus tetep waspada untuk beberapa tanggal merah di bulan Jan-Feb. Kalo lagi tanggal merah, tetep aja penuh, mak.

Cuaca dingin, tapi nggak TERLALU dingin. Jangan lupa, seperti California, Florida adalah Sunshine State. Winternya cuma sekitar 8-20 derajat Celcius, lah, dan nggak ada salju.

Maret-Mei
Gue nggak terlalu banyak baca info soal musim semi di WDW, tapi intinya, crowd-nya rame, terutama di minggu Spring Break dan libur Paskah. Udara juga mulai anget, dan tarif hotel mulai naik dibanding bulan Jan-Feb, tapi belum terlalu mahal.

Juni-pertengahan Agustus

Basically, bulan-bulan terburuk untuk ke WDW. Summer vacation, mak! WDW bakal penuh gegilaan, harga juga jadi mahal eduuun! Ditambah, panasnya nggak kira-kira! Sama kayak Jakarta, lah.

Bhaaaaai...!

Also, the parks will be very busy, sampe kadang-kadang baru tutup jam 1-2 subuh. Serius, bok. Kita bisa naik wahana sampe jam 1 subuh. Nggak becanda.

Akhir Agustus-September
Masih panas, tapi crowd bakal rendah. Bahkan, September adalah bulan paling sepi di WDW, berhubung September adalah bulan taun ajaran baru, jadi anak-anak pada susah bolos. Tarif hotel juga sangat murah (murah standar WDW ya…), PLUS biasanya banjir diskon, bok.

Sayangnya, September adalah puncak musim hurricane di Florida. Yep, Florida sering kena badai, walaupun nggak selalu parah (jangan bayangin Hurricane Sandy dulu, ya). Even if you're lucky enough to avoid the hurricane, Agustus-Oktober adalah musim hujan yang cukup intens di Florida. Rempes, seus, main di theme park sambil digembol jas ujan.

Oktober-November

Waktu yang cukup nyaman untuk ke WDW. Udara udah nggak sesumpek dan sepanas summer, meskipun crowd mulai meningkat lagi. Apalagi pas Thanksgiving, iiiih males.

Tapi yang seru, bulan Oktober dan November nih bulannya holiday season, yaitu Halloween, disambung Thanksgiving, disambung Natal, sehingga para theme parks pun didekor dengan cantik, dan biasanya ada program-program Halloween / Christmas yang seru-seru.

 Osborne Lights di Disney's Hollywood Studios, 
salah satu dekor yang cuma muncul setaun sekali, pada musim Thanksgiving - Natal
 
Desember

Hell time at WDW
! Penuhnya nggak ketulungan! Mahalnya apalagi! Soalnya holiday season ya, Natal yang disambung Taun Baru. Udara mulai dingin, walaupun nggak sedingin Januari. Sama seperti summer seasons, the parks will be very busy and close very late.

 Parade Natal di Magic Kingdom yang juga cuma muncul setaun sekali. Perhatikan istana Cinderella yang diselimuti lampu putih, bak diselimuti salju? Itu juga cuma kejadian setaun sekali, pada musim Natal.

Untuk informasi super lengkapnya, tengok ini.

Alhamdulillah, trip ini direncanakan jauh-jauh hari, dan gue bukan pegawai sebuah perusahaan, sehingga nggak perlu mengiba cuti.

Dara sih ngantor, tapi perusahaannya amat fleksibel. Lagian, masa sih, udah ditodong setaun sebelumnya, si kantor nggak ngasih ijin? *optimis*

Jadiii… kami bebas milih tanggal yang ideal buat kami. Yay! Tebaaaak… kami pilih bulan apaaa?

Yang pasti, trip ini mahapenting buat gue, sehingga gue wajib milih timing yang ideal. Crowd level HARUS rendah, dan rates-nya NGGAK BOLEH rates high season.

Dengan demikian, gue sangat menghindari Juni, Juli, awal Agustus, dan Desember, karena bulan-bulan tersebut adalah waktu terparah untuk main ke WDW, dari segi crowd level dan harga.

Tadinya, gue mantap pergi di bulan November 2014. Tentu saja di tanggal-tanggal sepi, serta menghindari libur nasional (SUCH AS THANKSGIVING! HIIII!)

Kenapa November? Karenya crowd-nya relative rendah, harganya menengah (nggak terlalu mahal, nggak terlalu murah), tapi program Halloween dan Xmas udah bakal all-out. Have you seen Disney parks decorated for the Holiday Seasons? It’s very pretty!

Dara pun nggak masalah pergi November 2014.

Yang menjadi masalah… masih lama amat yak, huhuhu. Jangan lupa, gue planning sejak Juni 2013, lho. Nggilani.

Trus Dara manas-manasin, deh. “La, ini sama aja, lho, kayak orang mau kawin. Kan katanya, kalo udah tunangan, jangan kelamaan nunda nikah. Buru-buru aja, takut malah batal di jalan…”

Deeemmm... Ini anak suka pinter cari perumpaan, deh :)))

Tapi emang bener. Kalo gue planning di Juni 2013 tapi berangkatnya masih November 2014, gue yakin, akan ada banyak ‘cobaan’ di tengah jalan. The worst possibility is… ujug-ujug batal. Naudzubillah himindzalik, amit-amit jabang bayi!

OK, ganti tanggal! Kalo September gimana? Kan katanya bulan termurah dan tersepi?

Memang betul, tapi amat sangat keder menghadapi musim hurricane yang menghantui Florida setiap bulan Agustus - Oktober. Sebenernya, kalopun terjadi hurricane, WDW udah sangat terlatih mengamankan tamu-tamunya. Selain itu, jarang kok terjadi hurricane besar bak Hurricane Sandy, gitu. Sepanjang sejarah, theme parks WDW cuma pernah tutup sekali gara-gara hurricane.

Masalahnya, gue takut banget penerbangan gue terganggu / delayed / cancelled gara-gara cuaca. Kalo sampe flight gue cancelled atau tertunda, urusannya ribet. Gue harus extend hotel lah, ngurus flight berikutnya lah, ngurus asuransi lah. Apalagi connecting flight gue banyak. Satu tertunda, semua tertunda. Gilaaa.... bayanginnya aja semaput.

Selain itu, gue males menghadapi musim hujannya September. Konon, bisa hujan tiap hari tanpa jeda, lho. Nggak seharian, sih, tapi males nggak sih, jauh-jauh ke WDW, tapi kudu berteduh atau pake jas ujan mulu?

So, no September for us.

Kemudian, datang kabar bahwa sodaranya Dara akan pergi ke Mayo Clinic pada Februari 2014, so that pretty much seals the deal.

Hokeh! Tanggal kami pun maju menjadi Februari 2014. Hahahaha, jauh amat ya majunya. Biarlah, lebih cepat lebih baik.

Fortunately, I think Jan-Feb is just perfect. Udara adem, low rates, dan low crowds. Walaupun saking sepinya, akan ada beberapa renovasi wahana, dan para theme parks akan tutup cepet.

(sebagai perbandingan, di bulan-bulan lain, Magic Kingdom bisa tutup jam 10-11 malam. Tapi di Jan-Feb, Magic Kingdom tutup jam 8 aja, dulu).

Kekurangan lainnya adalah, kalo kami pergi Jan-Feb, itu berarti tenggang waktu kita untuk nabung pendek. Sementara kalo perginya November, tenggang waktunya panjang. Huhuhuhu. Yastralah. Gimana kek usahanya, ngepet kek, nuyul kek…

Tanggal awal kami adalah 3 - 14 Februari 2014. Udah sampe DP segala lho, mak!

But theeeen something came up, dan kami pun ganti tanggal menjadi 27 Jan – 6 Feb 2014. Cuma beda semingguan, sih.

Per September 2013, kami masih bertahan dengan tanggal tersebut.

Jadi tanggal fix, nih? Fiiiiix. Insya Allah. Wiiii…. Nggak sabar!


To be continued!

4 comments:

Miranti said...

Aaah...Leila..selamat menunaikan ibadah haji binti Disney yaa..
Sebagai sesama Disney-freaks aku mengamini doamu, semoga lancar sentosa! ;D

prin_theth said...

Mirantiiii! Kamu toh salah satu wanita dibalik livingloving? Segitu blo'onnya kah gue sampe gue baru sadar? Muehehe. Makasih ya darling for the good wishes :)

PS. Blog lo gue link di letthebeastin boleya? :D

Nenda said...

Hi, Mbak.
Aku silent reader. Kemaren Mei aku ke WDW bersamaan dengan Star Wars Weekend. Agak2 nyesel sih soalnya banyak yang ketinggalan kayak paradenya (2 hari ngejar 4 park).

Pengen ke WDW lagi suatu hari nanti. Amiiin

prin_theth said...

Nenda: Wow, Star Wars weekend! Sekitar Mei gitu ya?

Hahaha... kalo aku wajib 1 theme park 2 hari, at least MK dan Hollywoos Studios. Kalo 2 hari 4 park, aku pasti gondok berbulan-bulan hehe. Aamiin, aku panggil namamu di WDW nanti, kayak haji :D